Selasa, 26 Juni 2012

KIAT-KIAT UNTUK MENJADI MUSLIM YANG BAIK


Untuk menjadi muslim yg baik, ada beberapa langkah yang dapat ditempuh sebagai berikut :
  1. Mulailah belajar tentang Islam .Bagaimana cara beragama yang baik .
    Sadarilah bahwa Islam adalah agama pengetahuan. Belajar tentang Islam bagi orang beriman jangan pernah berhenti dan merasa selesai. Hal ini mengingat luasnya ilmu Islam itu sendiri dan beragamnya amal shalih yang harus kita lakukan, padahal setiap amal memerlukan ilmu dan iman tersendiri.
  2. Apalah arti ilmu jika tidak menghasilkan amal?
    Artinya perlu mengamalkan ilmu yang telah dipelajari agar iman kepada ALLAH SWT selalu meningkat. Di balik peningkatan iman akan tumbuh rasa ingin lebih dekat dengan Al-Qur’an
  3. Mulailah dari amal shalih yang paling utama, yaitu shalat lima waktu.
    Jika belum sanggup melakukannya, pelajarilah kembali Islam dan berdoalah kepada ALLAH SWT agar dibukakan pintu hidayah untuk dapat melaksanakan pintu hidayah untuk dapat melaksanakan shalat lima waktu dengan rutin. Bila sudah mampu, tingkatkan kualitasnya dengan berjamaah di masjid. Setelah mampu, tingkatkan kualitasnya dengan berusaha khusyu’. Sholat fardhu lima waktu berjamaah  wajib bagi muslim di mesjid kecualai sholat sunnah . Dan muslimah lebih utama di rumah tapi harus di awal waktu tapi jika tidak bisa diawal waktu lebih baik dimesjid untuk menjaga sholat di awal waktu
  4. Setelah mampu shalat berjamaah di masjid dengan khusyu’, berusahalah untuk melaksanakan shalat dua rakaat sebelum dan sesudah shalat wajib (yaitu qabliyah dan ba’diyah). Tentu perlu dipelajari, pada shalat wajib mana kita tidak boleh melakukan shalat sunnah ba’diyah (yaitu Ashar dan Shubuh), serta mana yang muakkadah (yang sangat dianjurkan) dan mana yang bukan (karena tidak rutin dilaksanakan Rasulullah Saw).
  5. Pada tahap ini, bangunlah iman lebih tinggi dengan mulai mencoba shalat sunnah di waktu malam (tahajjud/qiyamullail). Bacalah hadits-hadits yang menjelaskan fadhillah shalat tahajjud agar kita lebih termotivasi. Jangan pernah mengatakan tidak mampu. Rayulah diri dengan memulainya dari hal yang sekecil-kecilnya, misal sebulan sekali, lalu dua kali, tiga kali dan seterusnya.
  6. Peningkatan iman berikutnya adalah dengan melaksanakan ibadah-ibadah yang qauliyah (yang diucapkan). Dapat berupa istighfar seratus kali sehari, membaca Al-Ma’tsurat (dzikir pagi dan petang yang dicontohkan Rasulullah Saw), membaca tasbih, tahmid, tahlil dan lain sebagainya yang mengacu kepada rujukan Riyadush Shalihin.
  7. Keimanan kepada Allah juga dapat ditingkatkan dengan melakukan berbagai amal kontributif, seperti infaq di jalan Allah, untuk fakir miskin, mengikuti dan mendukung kegiatan pembelaan atau penyebaran agama Islam dan lain-lainnya.

0 komentar:

Copyright © 2012 BELAJAR ISLAM YANG BENAR.
Blogger Template by Clairvo